SISTEM OLIMPIADE PIBT XX UNNES

SISTEM OLIMPIADE

Tahap-tahap olimpiade sebagai berikut:
·      Tahap I       : Multiple Choice (dilaksanakan di masing-masing regional)
·      Tahap II      : Responsi
·      Tahap III    : Lomba Cerdas Cermat
·      Tahap IV    : Presentasi

Kegiatan Regional :
o  Bentuk kegiatan berupa olimpiade IPA terpadu (SD) dan olimpiade Biologi (SMP dan SMA) yang diadakan secara individu. Setiap SD/sederajat mempunyai kesempatan untuk mendelegasikan siswa-siswi maksimum 7 orang. Kegiatan ini dilaksanakan di 10 regional.
o  Kegiatan ini bertujuan sebagai fasilitas untuk menunjukkan kompetensi siswa-siswi peserta olimpiade melalui seleksi tahap I.
o  Dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 21 September  2014 pukul 07.00 WIB- selesai bertempat di masing-masing tempat penyisihan regional yang telah ditentukan
o  Peserta yang akan masuk babak final terdiri dari 2 peserta dengan score tertinggi dari masing-masing regional (20 peserta) + 10 peserta dengan score tertinggi secara paralel dari kesepuluh regional olimpiade. Total peserta yang masuk final adalah 30 peserta.
o  Pengumuman peserta yang lolos sebagai finalis 30 besar olimpiade akan disampaikan 1 minggu setelah tahap regional olimpiade melalui: blog himabio unnes (himabiounnes.blogspot.com), Halaman Facebook (Pekan Ilmiah Biologi Terpadu Universitas Negeri Semarang), Twitter (@himabiounnes) ataupun dikirim oleh panitia melalui e-mail sekolah masing-masing finalis.

Kegiatan Final  :
o  Bentuk kegiatan berupa Final olimpiade IPA Terpadu (SD) dan olimpiade Biologi (SMP dan SMA) setelah melalui tahap I untuk masing-masing regional. Diikuti oleh juara 1 dan 2 masing-masing regional, dan 10 peserta dengan score tertinggi secara paralel dari kesepuluh regional olimpiade.
o  Kegiatan ini bertujuan untuk menentukan pemenang Juara I, Juara II dan Juara III, serta Juara Harapan I dan Juara Harapan II dengan melalui tahap responsi, cerdas cermat, dan presentasi.
o  Dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 19 Oktober 2014 pukul 07.00 WIB – selesai bertempat di Kampus Unnes Sekaran, Gunung Pati, Kota Semarang.
o  Jumlah Finalis 30 Finalis.
o  Tahap 2 berupa kegiatan responsi materi olimpiade. Peserta yang lolos ke babak 5 besar ditentukan dari 5 peserta dengan score tertinggi untuk mengikuti Tahap 3. (Responsi adalah sebuah tahap lomba yang diadakan di laboratorium Biologi FMIPA Unnes dimana setiap peserta olimpiade akan mengerjakan soal di meja laboratorium. Setiap peserta akan diberi waktu 90 detik  untuk menjawab setiap soal yang ada di meja laboratorium. Peserta akan berpindah meja/bergeser tempat selama mengerjakan soal yang tersedia. Soal dapat berupa: gambar yang harus dilengkapi dengan keterangan, soal pilihan ganda, menjawab secara singkat sebuah pertanyaan, dan mengisi keterangan yang kosong pada sebuah pernyataan).
o  Tahap 3 adalah Lomba Cerdas Cermat (LCC). Peserta yang lolos ke babak 3 besar ditentukan dari 3 peserta dengan score tertinggi untuk merebutkan juara 1, 2, dan 3.
o  Tahap 4 untuk merebutkan juara 1, 2, dan 3 melalui presentasi dari sebuah video yang akan ditampilkan oleh panitia. Pemenang ditentukan berdasarkan score tertinggi dari setiap peserta babak 3 besar.

PEMENANG LOMBA

1.    Pemenang ditentukan dari score yang diperoleh  peserta.
2.    Pemenang terdiri atas juara I, II, III dan juara harapan I, II
3.    Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.


2 Responses to "SISTEM OLIMPIADE PIBT XX UNNES"

PRESENTED BY

MEDIA PARTNER

SUPPORTED BY